Apa itu OwnCloud?

OwnCloud merupakan suatu perusahaan dengan proyeknya yaitu OwnCloud project. Slogan perusahaan ini adalah Your Cloud, Your Data, Your Way!. ownCloud yang merupakan salah satu perangkat lunak berbagi berkas gratis dan bebas seperti Dropbox, menyediakan pengamanan yang baik, memiliki tata cara yang baik bagi pengguna aplikasi untuk membagi dan mengakses data yang secara lancar terintegrasi dengan perangkat teknologi informasi yang tujuannya mengamankan, melacak, dan melaporkan penggunaan data.

owncloud-square-logo1

ownCloud menempatkan kontrol kepada pengguna teknologi informasi itu sendiri dan juga menawarkan penyedia layanan, pusat dan bagian transmisi yang berfungsi untuk menyediakan solusi sinkronisasi dan berbagi bagi pengguna. ownCloud memberikan akses terhadap berkas-berkas secara universal dengan menggunakan antarmuka jaringan atau WebDAV.

ownCloud dipelopori oleh Frank Karlitschek saat ia sedang membicarakan mengenai aplikasi bebas dan terbuka. Proses pemasangan tidak banyak membutuhkan syarat-syarat pada sistemnya dan tidak membutuhkan izin khusus. Kantor pusat ownCloud di Amerika terletak di Boston, Massachusetts dan kantor cabang di Eropa terletak di Jerman.

Apa itu OwnCloud ? owncloud-logo-150x74

OwnCloud adalah Aplikasi open source dan aplikasi web yang kuat untuk sinkronisasi data, file sharing, dan penyimpanan remote file. OwnCloud ditulis dalam bahasa PHP / JavaScript. Hal ini dirancang untuk bekerja dengan beberapa sistem manajemen database, termasuk MySQL, MariaDB, SQLite, Oracle Database, dan PostgreSQL. Selain itu ownCloud dapat digunakan pada semua platform yang dikenal yaitu., Linux, Macintosh, Windows dan Android. Singkatnya itu adalah kuat, platform yang Independent, fleksibel dalam hal konfigurasi dan mudah digunakan karna Aplikasi open source.

Feature di OwnCloud

  • Anda dapat Menyimpan file, folder, kontak, galeri foto, kalender, dll pada server pilihan Anda, Kemudian Anda dapat mengaksesnya dari ponsel, desktop, atau browser web.
  • Dalam dunia gadget orang normal memiliki tablet, ponsel pintar, laptop, dll OwnCloud memungkinkan Anda untuk melakuna sync semua file Anda,  kontak, foto, kalender, dll disinkronisasikan antara perangkat dan server
  • Di era Media  Sosial  alias Facebook, Twitter, Google+, dll, OwnCloud memungkinkan Anda berbagi data Anda dengan orang lain dan berbagi umum atau pribadi sesuai kebutuhan Anda.
  • User interface yang mudah memungkinkan anda mengelola, meng-upload, downloadm, sharing file maupun folder bahkan membuat contact, dll dengan cara yang sangat mudah.
  • Sebuah fitur khusus pengguna dapat membatalkan penghapusan data yang secara tidak sengaja dihapus dari Folder Sampah, bukan mudah untuk menangani dan memelihara.
  • Fitur Pencarian di OwnCloud sangat responsif yang dilakukan di latar belakang dan memungkinkan pencarian pengguna dengan nama, serta jenis file.
  • Kontak diatur dalam kategori / kelompok maka mudah untuk mengakses kontak berdasarkan teman-teman, rekan kerja, keluarga, dll
  • Sekarang Anda dapat mengakses penyimpanan eksternal baik itu Dropbox, FTP atau apa pun dengan me-mount.
  • Mudah untuk bermigrasi ke / dari server OwnCloud lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.