Istilah-Istilah dalam Jaringan Part 2

Setelah Istilah Jaringan Part 1 keluar sekarang saya akan melanjutkan lanjutan postingan tersebut yaitu Istilah jaringan Par t 2 mungkin untuk istilah ini bisa sampai 5 Part ya guys karna banyaknya Istilah dalam Jaringan ini oke lanjut aja ya lanjutan dari Postingan ini check it out

1.     ADSL 
Asymetric Digital Subscriber Line. Sebuah tipe DSL dimana upstream dan downstream berjalan pada kecepatan yang berbeda. Dalam hal ini, downstream biasanya lebih tinggi.. Secara  teori, ASDL dapat melayani kecepatan hingga 9 mbps untuk downstream dan 540 kbps untuk  upstream.
2.     Bandwidth 
Besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network

3.     Dial-up Connection
Suatu jenis koneksi Internet yang memakai saluran telepon untuk menentukan koneksi. Koneksi ini populer tapi sangat lambat. Komputer menentukan koneksi  internet dengan telepon sebagai modemnya

4.     TCP/IP
Layanan ini digunakan untuk mengidentifikasi sebuah komputer dengan nama bukan dengan menggunakan alamat IP (IP address). Singkatnya DNS melakukan konversi dari nama ke angka. DNS dilakukan secara desentralisasi, dimana setiap daerah atau tingkat organisasi memiliki domain sendiri. Masing-masing memberikan servis DNS untuk domain yang dikelola.

5.     DSS – Digital Satelleite System
Jenis dial-up connection yang memakai piting satelit untuk men- download informsi dari internet. Koneksi ini cepat tapi hanya satu arah, maka harus menentukan  dial up connection lewat saluran telepon untuk memulai internet
6.     DSL – Digital Subscriber Line
Sebuah metode transfer data melalui saluran telepon reguler. Sirkuit DSL dikonfigurasikan untuk menghubungkan dua lokasi yang spesifik, seperti halnya pada sambungan Leased Line (DSL berbeda dengan Leased Line). Koneksi melalui DSL jauh lebih cepat dibandingkan dengan koneksi melalui saluran telepon reguler walaupun keduanya sama-sama menggunakan kabel tembaga. DSL menawarkan alternatif yang lebih murah dibandingkan dengan ISDN.
7.     Downstream
Istilah yang merujuk kepada kecepatan aliran data dari komputer lain ke komputer lokal melalui sebuah network. Istilah ini merupakan kebalikan dari upstream.
8.     Ethernet
Ethernet adalah protokol LAN yang dikembangkan oleh Xerox Corporation yang bekerjasama dengan DEC dan Intel pada tahun 1976. Ethernet menggunakan topologi bus atau star dan medukung transfer data sampai dengan 10 Mbps. Versi terbarunya, Gigabit Ethernet, mendukung tranfer data sampai dengan 1 Gigabit per detik atau 1000 Mbps.

a. Ethernet Crossover Cable 

Jenis kabel ethernet khusus yang membolehkan dua koputer
berhubungan satu sama lain secara langsung melalui adapter jaringan Ethernetnya.
    b. Fast Ethernet
Fast Ethernet seperti Ethernet biasa, namun dengan kecepatan transfer data yang lebih cepat, sampai dengan 100 mbps. Ethernet ini juga disebut 100BaseT.
9.     Internet
Sejumlah besar network yang membentuk jaringan inter-koneksi (Inter-connected network) yang terhubung melalui protokol TCP/IP. Internet merupakan kelanjutan dari ARPANet dan kemungkinan merupakan jaringan WAN yang terbesar yang ada saat ini.
10.            Intranet
Sebuah jaringan privat dengan sistem dan hirarki yang sama dengan internet namun tidak terhubung dengan jaringan internet dan hanya digunakan secar internal.
11.            IP Address
Alamat IP (Internet Protocol), yaitu sistem pengalamatan di network yang direpresentasikan dengan sederetan angka berupa kombinasi 4 deret bilangan antara 0 s/d 255 yang masing-masing dipisahkan oleh tanda titik (.), mulai dari 0.0.0.1 hingga 255.255.255.255.
12.            Download
Istilah untuk kegiatan menyalin data (biasanya berupa file) dari sebuah komputer yang terhubung dalam sebuah network ke komputer lokal. Proses download merupakan kebalikan dari upload.
13.            IPX/SPX
Jenis protocol komunikasi yang dipakai oleh komputer-komputer untuk berkomunikasi satu sama lain pada suatu jaringan. Kebanyakan jaringan lebih menyukai TCP/IP ketimbang SPX/IPX, karena TCP/IP adalah protocol yang dipakai di Internet
14.            ISP
                Internet Service Provider. Sebutan untuk penyedia layanan internet

15.            ISDN
Integrated Services Digital Network. Pada dasarnya, ISDN merupakan merupakan jalan untuk melayani transfer data dengan kecepatan lebih tinggi melalui saluran telepon reguler. ISDN memungkinkan kecepatan transfer data hingga 128.000 bps (bit per detik). Tidak seperti DSL, ISDN dapat dikoneksikan dengan lokasi lain seperti halnya saluran telepon, sepanjang lokasi  tersebut juga terhubung dengan jaringan ISDN.
Untuk Istilah Jaringan Part 2 cukup sampai disini dulu ya, nanti dilanjut lagi untuk Part 3 nya semoga cepet kelar ya biar di Posting langsung hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.