Mail Zimbra Collaboration Suite – Open Source Edition

Zimbra Collaboration Suite adalah sebuah mail yang berbasis open source yang banyak digunakan kalangan lembaga perusahaan maupun pemerintahan ataupun personal, tidak hanya opensource Zimbra juga mempunya beberapa edisi yaitu Open Source dan Network Edition (lisensi user berbayar) yang digunakan untuk menambahkan fitur-fitur yang diperlukan. Zimbra juga mempunya beberapa fitur dan manfaat utama diantaranya :

zimbra

  • Complete Email and Collaboration Solution with High Availability

Zimbra ini menawarkan fitur calendar, file sharing, address book, pencarian berdasarkan nama file ataupun judul subject. dan Zimbra ini lebih murah 50% dibanding Microsoft Exchange (berdasarkan sumber zimbra) zimbra ini digunakan oleh perusahaan besar karna mampu melakukan ketersediaan email yang besar dimana dapat dilakukan secara virtualisasi dan backup secara online.

  • Superior End-User Experience

Zimbra menyediakan penyediaan pada semua platform (Windows, Mac, Linux) melalui browser Web (Firefox, Chrome, Internet Explorer, Safari) dan melalui MS Outlook, Thunderbird dan aplikasi desktop lain. Zimbra dapat meningkatkan kepuasan pengguna (end user) dengan memberikan support (ataupun training jika diperlukan.

  • Simplified and Integrated Unified Communications

IT Administator dapat dengan mudah menghubungkan antara user dengan gadgetnya dan melakukan sinkronisasi terpadu dengan Zimbra Mail Collaboration sehingga user dapat dengan mudah melakukan pengecekan pekerjaan ataupun email yang diterima melalui gadgetnya.

  • Reduced Administrationand Maintenance

Dengan menggunakan Zimbra dapat mengurangi biaya mail anda gunakan, secara garis besar jika anda menggunakan Zimbra yang berlisensi anda hanya cukup membayar biaya dari linsesi tersebut beserta supportnya pada tahun pertama, dan tahun berikutnya anda hanya cukup membayar biaya supportnya saja.

  •  Advanced Web Client

Zimbra dapat melakukan enkripsi terhadap mail yang dikirimakan, jadi hanya antara pengirim dan penerima saja yang bisa membuka email tersebut, dapat melakukan share attachment, kontak, tugas

  • Web-Based Administration

Layanan Zimbra dapat terintegrasi dengan antispamn antivirus, direktori ( ldap, Active Directory )

 

Diatas adalah beberapa dari fitur Zimbra Collaboration Suite yang sering digunakan, masih banyak lagi fitur zimbra yang tersedia jika anda membeli lisensi user Zimbra ini. dan mail Server Zimbra menggunakan 3 pilihan akses Webmail berdasarkan kecepatan koneksi internet yang dimiliki user yaitu :

  • Advanced Client (AJAX), untuk Kecepatan koneksi user tinggi misalnya min 512 kbps ke atas
  • Standard (HTML), untuk Kecepatan koneksi user sedang misalnya min 256 kbps s/d 384 kbps
  • Mobile, Bila anda menggunakan smartphone atau kecepatan koneksi yang anda miliki GPRS atau dial-up gunakan pilihan ini.

 

Beberapa Zimbra yang direlease mulai dari awal hingga direlease saat ini anda dapat merujuk pada link Zimbra Collaboration Open Source  saat ini juga telah banyak email selain Zimbra, diantaranya Lotus, MS Exchange, Domino dll, tinggal anda yang menentukan email jenis apa yang digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.