Tutorial Pembuatan Games “Tebak Gambar Hewan” di Construct2

  1. Download Construct2 dan install dikomputer anda
  1. Setelah itu persiapkan gambar gambar yang akan dijadikan objek didalam games.

Langka1

  1.  Buka aplikasi Construct2, pilih new object lalu pilih new empty project setelah itu klik open. Maka tampilan awalnya seperti gambar dibawah ini

Langkah3

Langkah4

Langkah5

  1. Pertama saya ingin memasukkan gambar sebagai object untuk menu digamesnya klik 2 kali pada layar putih, lalu pilih Sprite klik insert, kemudian pilih gambar seperti folder didalam edit image lalu pilih gambar yang ingin dijadikan objectnya, jika sudah klik open, klik tanda silang dan gambar pun sudah dimasukkan. Lihat gambar dibawah ini.

Langkah6

Langkah7u

langkah8

Langkah9

  1. Jika ingin menambahkan gambar untuk dijadikan objek lakukan langkah nomer 4. Dan dibawah ini tampilan menu digames yang kelompok saya buat

Langkah10

  1. Nah sekarang saya ingin membuat isi gamenya yaitu tebak gambar hewan. Pertama bikin layout baru dengan cara klik kanan pada layout tab project sebelah kanan dan pilih add layout kemudian pilih don’t add even sheet.

Langkah11

Langkah12

  1. Untuk memasukkan gambar ikutin langkah nomer 4. Karena digame ini membutuhkan 3 gambar maka masukkan 3 gambar didalam layout dan berikan nama pada gambar dikolom name yang terdapat diproperties sebelah kiri. 3 gambar yang sudah saya masukkan kedalam layout.Langkah13
  1. Ubah Initial visibility pada gambar kelinci dan monyet menjadi invisible dengan cara liat diproperties sebelah kiri paling bawah nanti ada Initial Visibility dari Visible ubah menjadi Invisible.Langkah14
  1. Lalu samakan posisi gambar kelinci dan monyet menjadi satu dengan kucing sehingga seperti gambar dibawah ini.Langkah15
  1. Buat buat lah kolom untuk mengetik jawabannya dengan cara klik 2 kali pada layout putih, pilih textbox lalu insert. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali karena kita akan membutuhkan 3 Textboxt dan samakan ukurannya masing masing Textbox seperti dibawah ini.
    Langkah16Langkah17
  1. Kemudian untuk membuat tombol untuk mengecek jawaban benar atau salah caranya klik 2x pada layout putih pilih Sprite klik insert pilih gambar yang akan dijadikan tombol jika sudah pilih open dan tanda x. lakukan cara ini 3 kali dan samakan ukurannya. Tampilannya akan seperti dibawah ini. Bedakan namanya menjadi ok1, ok2, dan ok3Langkah18Langkah19Langkah20Langkah21
  1. Lalu membuat tulisan BENAR / SALAH dengan cara klik 2x pada layout putih, pilih text lalu insert. Ubah name dan text pada properties menjadi Benar maupun Salah, seperti gambar dibawah ini. Dan ubah initial visibility menjadi invisible.

Langkah22Langkah23Langkah24Langkah25Langkah26Langkah27

  1. Kemudian samakan posisi dari BENAR dan Salah seperti gambar dibawah iniLangkah28
  1. Selanjutnya kita membutuhkan mouse untuk mengklik tombol ok, untuk memasukkan mouse klik 2x pada layout putih pilih mouse lalu klik insert.Langkah29
  1. Gambar dibawah ini tampilan dari isi gamenya.Langkah30
  1. Untuk membuat layout penutup diakhir game ikutin cara 4 dan 5, dan dibawah ini adalah gambar layout penutup game ini.Langkah31

 

  1. Pindah ke event sheet1. Kali ini untuk membuat jawaban kucing. Klik add event, lalu pilih textbox1 lalu next pilih compare text lalu next ketikkan kucing dan klik done selesai. Lalu pada event textbox kucing klik kanan pilih Another Condition pilih mouse, kemudian next pilih Click On Object next lagi, pilih object clicked menjadi tombol ok1 lalu done. Seperti gambar dibawah ini.Langkah32Langkah33Langkah34Langkah35langkah36Langkah37Langkah38Langkah39Langkah40
  1. Pada add actionnya samakan seperti tampilan dibawah ini.Langkah41
  2. Untuk membuat jawaban kelinci, caranya sama dengan langkah nomer 16, bedanya hanya ditextboxnya kali ini yang digunakan textbox 2 dan tulisannya adalah kelinci. Dan untuk tombol ok pada mousenya dibedakan menjadi tombol ok2 lalu done. Dan untuk add action mouse untuk tombol ok2 liat dibawah ini.Langkah42
  1. Untuk membuat jawaban monyet, caranya sama dengan langkah nomer 16, bedanya hanya ditextboxnya kali ini yang digunakan textbox 3 dan tulisannya adalah monyet. Dan untuk tombol ok pada mousenya dibedakan menjadi tombol ok3 lalu done. Dan untuk add action mouse untuk tombol ok3 liat dibawah ini.Langkah43
  1. Nah sekarang cara untuk membuat jawaban selain dari kucing, kelinci, dan monyet menjadi salah, pertama copy paste event texbox1 beserta sub even maupun actionnya. Jika sudah klik kanan pada event texboxt1 lalu pilih Invert. Dan actionnya ada yang dikurangin dari action yang sebelumnya lihat dibawah ini.langkah45
  2. Ikuti langkah 21 untuk membuat invert pada textbox2 dan 3 dan dibawah ini hasil invert beserta action dari textbox2 dan 3.Langkah44
  3. Ditampilan layout menu game ini terdapat play dan exit. Nah untuk membuat Play klik add event terus pilih mouse next pilih Click On Object, nah objectnya pilih gambar start, jika sudah klik action pilih go to layout dan pilih layout isi. Nah untuk membuat Exit pilih mouse klik add event terus pilih mouse next pilih Click On Object objectnya diganti dengan gambar exit, jika sudah add event lagi pilih Browser next lalu pilih on back button lalu done. Jika sudah keduanya blok keduanya klik kanan lalu klik Make ‘OR’ Block. Selanjutnya klik add action lalu pilih browser next lalu pilih close, dan tombol play exitpun sudah bisa digunakan. Lihat gambar dibawah ini.

Langkah46

  1. Dilayout penutup pun ada tombol yes dan no. untuk membuat nya ikutin langkah no 24. Untuk Yes bisa gunakan cara Play bedanya di object pas di Click On Object ganti menjadi gambar yes dan actionya ganti menjadi layout menu. Untuk no gunakan cara Exit bedanya di object pas di Click On Object Ganji menjadi gambar no sisanya sama. Lihat gambar dibawah ini.Langkah47

 

Dibawah ini beberapa screenshoot dari game ini.

Langkah48Langkah49Langkah50

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.