Pemodelan Grafis untuk Game

PEMODELAN GRAFIS UNTUK GAME
Game adalah Permainan video (bahasa Inggris: video game) adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video. Permainan video umumnya menyediakan sistem penghargaan – misalnya skor – yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di dalam permainan.

Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan.

Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi.

Hubungan atara ke tiga materi di atas yaitu, jadi game merupakan sebuah permainan yang mana di dalam nya kita bermain untuk mencapai highscore, dan animasi itu dibutuhkan dalam membuat game karena game itu sendiri merupakan animasi. dan untuk virtual reality itu berfungsi untuk pelengkap bagi gamers mengapa pelengkap? karena bagi gamers main di depan komputer saja masih kurang, jadi di buat nya virtual reality berfungsi untuk merealisasikan apa yang kita mainkan dari bentuk virtual(tidak nampak) menjadi nampak seperti aslinya.

PEMBUATAN DESAIN GRAFIS PADA GAME
Dalam pembuatan desain grafis dalam pembentukan sebuah game kita membutuhkan software yaitu salah satunya adalah BLENDER, Blender merupakan aplikasi pemodelan komplit dan komprehensif untuk menciptakan, mengubah dan mengedit model 3D dengan mudah. Transformasi model menjadi karakter yang menakjubkan menjadi lebih mudah dari sebelumnya dengan menggunakan Blender.

PEMBUATAN KARAKTER
Pembuatan karakter seperti gerak tubuh, mimik wajah dll kita dapat membuat nya di salam software yang sudah di ceritakan di atas, di dalam BLENDER itu sendiri kita dapat membuat suatu karakter yang seperti kita inginkan, dalam pembentukan geraktubuh kita hanya perlu proses rigging atau pemberian tulang di setiap sisi tuuh karakter agar bisa bergerak aktif.

PEMBUATAN MAPS/LINGKUNGAN DALAM GAME
Kali ini kita bahas lebih spesifik saja, pastinya tau dong, game counter strike? game berbasis strategy dan war, apabila kita ingin membuat sebuah maps yang seperti kita ingin kan ikuti cara di bawah ini:
1. Buka alamat :http://www.worldcraft-online.com/
2. Pilih option yang paling bawah (kalau tidak Level 3 + 3D, pasti Level 4)
3. Setelah diklik, maka akan ada membuka window baru. Dan akan muncul tampilan seperti ini

4. Di tampilan atas, ada map parameters untuk menentukan bagian-bagian utama dalam map. Save, bisa berupa notepad (file). Load bisa load map yang sudah disarankan (load random map) , load file (dari notepad).
5. Di tampilan bawah, ada weapon (untuk menaruh senjata), crate (menaruh box), object (menaruh object khusus), texture (untuk buat tembok) dan mini chat box (bias chattingan)
6. Buat map nya sendiri (lihat tutorial di youtube).
7. Setelah sudah jadi, klik compiler di panel atas dan klik DOWNLOAD . Setelah itu, pindahkan file downloadnya ke : Code:/Counter-Strike-1.6/cstrike/maps

PENJELASAN PENGGABUNGAN KARAKTER & ANIMASI MENJADI 3D DAN 4D
Dalam sebuah game karakter itu merupakan animasi yang telah kita buat sebelum membuat game itu sendiri. jadi kita bisa jelaskan game 3D dan 4D itu hanyalah berbeda sedikit dimana 3D itu kita harus menggunakan kacamata 3D pada hasilnya kita akan merasakan game itu seperti real atau keluar dari monitor. kalau 4D itu memiliki efek efek yang lebih seperti getaran getaran dan efek-efek nyata yang di hasilkan nantinya.

Nama : Rangga Hamdan
Kelas : 3IA21
NPM : 5C414834
Mata Kuliah: Desain Permodelan Grafik
Nama Dosen : Syefani Rachma Deski

Sumber :
Pengertian Game
Jenis Animasi
Virtual Reality
Aplikasi Desain Grafis
CS

One thought on “Pemodelan Grafis untuk Game

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.