Pengantar Web Sciene dan Sejarah Web

Buat kalian semuanya yang lagi pada pusing nyari materi tentang Web, Science atau Web Science tenang aja disini saya akan coba jelaskan sedikit mengenai materi tersebut karna merupakan salah satu tugas mata kuliah langsung aja cekidot …

Sejarah Web
Awal perkembangan web bermula ketika Sir Timothy Tim Berners-Lee merasakan kesulitan untuk memperbarui informasi untuk rekan kerjanya. Pada tahun 1991, untuk pertama kalinya muncullah situs web yang tersambung dengan jaringan. Dari situlah MR.TIM dan CERN (tempat Sir Timothy bekerja) pada tahun 1993 akhirnya mengumumkan bahwa www dapat digunakan secara gratis oleh seluruh masyarakat dunia.

Situs web biasanya dapat berupa hasil kerja dari perorangan atau menunjukkan kepemilikan dari suatu organisasi, perusahaan. Sebuah situs web berisi pranala yang terhubung ke situs web lain, begitu juga dengan situs web lainnya. Hal itulah yang menjadi penyebab adanya perbedaan antara situs web yang dibuat oleh perorangan dengan situs web yang dibuat oleh organisasi.

Website
Website adalah sering juga disebut Web, dapat diartikan suatu kumpulan-kumpulan halaman yang menampilkan berbagai macam informasi teks, data, gambar diam ataupun bergerak, data animasi, suara, video maupun gabungan dari semuanya, baik itu yang bersifat statis maupun yang dinamis, yang dimana membentuk satu rangkaian bangunan yang saling berkaitan dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan halaman atau hyperlink.

Science
Science, Berasal dari bahasa Latin, yang berarti “pengetahuan”, adalah usaha memulai kegiatan yang sistematis untuk membangun dan mengatur pengetahuan dalam bentuk penjelasan dan prediksi yang ada di alam semesta. Dalam penggunaan modern, “Science” lebih sering mengacu kepada cara untuk mengejar pengetahuan tetapi tidak hanya pengetahuan itu sendiri. Hal ini sering diperlakukan sebagai sinonim dengan ilmu pengetahuan alam dan jasmani, dengan demikian pada cabang-cabang dari studi yang terkait dengan fenomena alam semesta, material dan hukum dengan pengecualian yang termasuk dari matematika murni. Science dalam arti luas ada sebelum era modern, dan dalam peradaban bersejarah, tetapi ilmu pengetahuan modern sangat berbeda dan sukses dalam hasil-hasilnya yang sekarang didefinisikan.

Web Science
Web Science merupakan inovasi baru yang diciptakan oleh seorang bernama Tim Berners-Lee yang mensupport dari berdirinya cabang ilmu ini. Tim Berners-Lee juga seorang penemu World Wide Web. Web Science yang dalam bahasa Indonesia berarti jaringan pengetahuan atau dapat diartikan bahwa suatu web yang menyediakan berbagai ilmu pengetahuan didalamnya dan menjadikan wadah / tempat terdapatnya ilmu pengetahuan tersebut. Web science juga dapat melakukan penelitian lintas disiplin dan menjelajah ke berbagai bidang yang sangat khusus di dalam disiplin ilmu. Dalam definisi di jelasakan bahwa web science dapat menyediakan berbagai ilmu pengetahuan, tentunya dalam ilmu pengetahuan terdapat berbagai macam kegunaan diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Dapat mencari artikel yang berdampak tinggi dan prosiding konferensi.
  • Dapat menemukan hasil yang relevan dalam bidang-bidang terkait.
  • Dapat mengidentifikasi potensi kolaborator dengan catatan rujukan signifikan.
  • Dapat mengintegrasikan, mencari, menulis, dan bibliografi penciptaan menjadi satu proses yang efisien.

Aplikasi Web
PHP
PHP merupakan bahasa pemrograman yang paling populer dan banyak digunakan untuk pemrograman web, PHP disebut juga pemrograman server side, artinya program dijalankan pada server. PHP sebenarnya merupakan program yang berjalan pada platform LINUX, Program ini bersifat freeware, umumnya setiap script PHP harus didahului dengan pembuka PHP ( seperti berikut contoh sederhana script PHP
<!–?php echo “I will win”; >?</p>

Java Script
Untuk membuat dokumen web semakin interaktif, Netscape Communications bekerja sama dengan Sun Microsystems mengembangkan bahasa script yang diberi nama Javascript, saat ini tersedia juga bahasa script yang diberi nama JavaScript dan VBScript. Bahasa skrip yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi web pada buku ini adalah JavaScript yang memiliki tatacara penulisan program yang mirip dengan Java.

Skrip dapat disipkan di mana saja dalam berkas HTML, dengan menggunakan tag script. Skrip tersebut akan diinterpresentasikan oleh browser pada komputer klien, Bahasa skrip pada halaman web dapat memberi efek animasi dan grafis, menampilkan kotak pesan, memvalidasi data sebelum dimasukan ke server, membuat function dari algoritma program sederhana dan banyak hal lain yang membuat halaman web menjadi lebih interaktif, Selain skrip, berkas HTML juga dapat disisipi program Java dalam bentuk applet.

Java Server Pages
Ada tiga cara menggunakan teknologi bahasa Java pada WWW yaitu aplet, servlet dan Java Server Pages (JSP) Java Server Page yang menyediakan cara yang paling efektif untuk memisahkan isi statik halaman web dari isi dinamikanya. Bagian statik halaman web yang berupa tag-tag HTML dapat dimodifikasi dengan menggunakan aplikasi web publishing tanpa perlu mengubah bagian dinamiknya yang berupa statemen atau ekspresi bahasa pemrograman java. Sebuah berkas JSP merupakan dokumen berbasis teks yang terdiri dari dua tipe yaitu teks statis yang berbasis format tag HTM dan elemen skrip JSP yang menggunakan tag seperti ag HTML. Tata penulisan HTML menggunakan karakte < dan > sedangkan penulisan skrip JSP terdapat beberapa jenis tata penulisan tag, yang sering digunakan adalah scriptlet yang menggunakan karakter <% dan %>.

HTML
Informasi yang disediakan oleh WWW adalah dalam bentuk dokumen yang disebut Web Page, pada dokumen Web page tersebut bisa mengandung referensi dan link ke bagian lain di dokumen tersebut atau ke mesin lain di internet. Hubungan atau link antar dokumen istilahnya adalah internal link, sedangkan dalam internet disebut external link. Suatu dokumen teks bukan hanya bisa di link dengan teks lainnya, tetapi juga dengan image, audio atau bahkan dengan file video. Dalam dokumen mengandung link biasanya ditandai dengan warna atau garis bawah sebagai contoh anda mempunyai intranet di server lokal kantor anda, Kemudian anda membuat link ke salah satu web page di australia, dengan satu klik saja dapat anda ambil dan ditampilkan di komputer client di kantor anda, konsep referensi dan link di antara dokumen atau alamat Web Page dalam internet inilah yang mendasari keseluruhan teknologi Word Wide Web dengan konsep inilah yang dikenal dengan nama Hypertext. Dokument yang mendukung hypertext adalah dokumen HTML ( Hypertext Markup Language ) oleh karena itu setiap Web Page harus dibuat dalam format HTML, file jenis ini biasanya disimpan dengan ekstensi atau akhiran HTM atau HTML, File yang berakhiran HTM atau HTML ini sama untuk berbagai jenis system operasi seperti Linux, Windows, Unix dan seebagainya. HTML dokumen tersebut mirip dengan dokumen teks biasa, hanya dalam dokumen ini sebuah teks bisa membuat instruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal dengan TAG tertentu.

Web itu juga punya kelebihan dan kekurangan juga loh jadi ngga selamanya baik terus kalau cewe baru bener terus hehe, dibawah ini ada beberapa contohnya

Kelebihan Website

  • Memiliki jangkauan pasar yang lebih luas. Dikarenakan pengguna internet yang semakin banyak setiap harinya, hal ini tentu menjadi peluang bisnis yang sangat potensial untuk Anda memanfaatkan Internet sebagai media untuk menjangkau pasar Anda.
  • Dapat diakses siapa saja, Dimana saja, dan Kapan saja. Dengan menggunakan internet, maka Anda dapat mengakses informasi dunia tanpa batas. Informasi usaha atau bisnis Anda pun dapat dilihat siapa saja, dimana saja, dan kapan saja.
  • Akses Informasi yang begitu mudah hanya dengan beberapa klik, pengunjung dapat melihat informasi bisnis, produk dan jasa yang Anda tawarkan.
  • Update Informasi terbaru. Dengan menggunakan website, perusahaan dapat memberikan informasi terbaru baik produk, layanan, dan informasi lainnya dengan sangat cepat.
  • Link dan Viral Marketing Keuntungan lain adalah ketika suatu perusahaan atau bisnis Anda tumbuh baik dan mendapat kepercayaan, perusahaan Anda akan memiliki potensi mendapatkan pengakuan dari klien Anda berupa link. Semakin baik dan diakuinya bisnis Anda, maka akan memiliki potensi semakin banyak link yang akan Anda dapatkan.
  • Proteksi Brands, Di Internet tidak akan mungkin terdapat lebih dari satu nama domain yang sama. Nama Domain yang sudah didaftarkan dan dimiliki bisa digunakan sebagai brands perusahaan, produk atau bisnis Anda, karena tidak mungkin pesaing Anda menggunakan nama domain yang sama.

Kekurangan Website

  • Kredibilitas.
    Dengan tidak bertemu langsung dengan pembeli atau klien Anda, maka untuk mendapatkan kepercayaan perlu waktu lebih lama dibandingkan dengan bertemu langsung.
  • Susah untuk mencapai target pengunjung.
    Dengan banyaknya persaingan di Internet, maka untuk mendapat posisi dan peringkat yang baik di Google akan lebih susah, kecuali jika Anda menggunakan jasa seo professional yang dapat membantu Anda.
  • SPAM.
    Ini adalah salah satu dari resiko Anda yang harus dihadapi. Ketika Anda mempublikasikan Alamat, No. HP, Telp dan Email dalam website, maka kemungkinan mendapatkan sms atau email SPAM lebih tinggi.

Cukup sekian dulu deh materi tentang web nya semoga dari apa yang di share ini bisa bermanfaat juga loh buat kalian terutama yang pada nyari tugas materi dari Pengantar Web Science

Judul/Bab : Pengantar Web Sciene dan Sejarah Web ( Tugas )
Nama : Rangga Hamdan

NPM : 5C414834

Kelas : 2IA21

Mata Kuliah : Pengantar Web Science

Nama Dosen : Winarti

Sumber :
Anarian, Putri. “Sejarah Web dan Perkembangannya.” http://putrianarian.blogspot.co.id/2013/03/pengantar-web-science.html (diakses tanggal 2 Maret 2017)

Nikko, Sora. “Mengetahui Pengertian Website Dan Jenisnya.” http://www.pengertianku.net/2014/09/mengetahui-pengertian-website-dan-jenisnya.html (diakses tanggal 2 Maret 2017)

Satya, Dery. “Pengertian Science.”http://derysatya.blogspot.co.id/2012/08/pengertian-science.html (diakses tanggal 2 Maret 2017)

Joko Adi Wirawan Mochamad,2009,Amazing News Website with PHP, Ajax, dan MySQl,Yogyakarta, Andi Offset

Prakoso Samuel & Foenadioen, 2008, Pedoman Praktis Pengembangan Aplikasi Web Database menggunakan Java server Page,Yogyakarta, Andi Offset

Tutang, 2002, Petunjuk Praktis Belajar HTML: bagi pemula, Jakarta, Taprin Grafitama

baliwebdesign. “Kelebihan dan Kekurangan Website untuk Bisnis Anda.” https://baliwebdesign.co.id/kelebihan-dan-kekurangan-website/ (diakses tanggal 2 Maret 2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.