Istilah-Istilah dalam Jaringan Part 3

Setelah mengkorek informasi akhirnya Istilah Jaringan Part 3 selesai juga, ternyata banyak juga ya Istilah Jaringan ngga cuman 10 – 20 doang ternyata ratusan daripada kelamaan basa-basi langsung saja berikut ini Istilah Jaringan Part 3

 

  1.     Anonymous FTP

Situs FTP yang dapat diakses tanpa harus memiliki login tertentu. Aturan standar dalam mengakses Anonymous FTP adalah dengan mengisikan “Anonymous” pada isian Username dan alamat email sebagai password.

  1.    DHCP

Dynamic Host Control Protocol memungkinkan satu komputer atau peralatan jaringan lainnya(seperti router) memberikan serangkaian alamat IP pribadi kita ke PC yang lain.

  1.    DNS

Domain Name Service. Merupakan layanan di Internet untuk jaringan yang menggunakan.

  1.    File server

Sebuh komputer pada suatu jaringan yang menyediakan lokasi senteral untuk menyimpan file sehingga semua komputer lain pada jaringan bisa mengaksesnya.

  1.    FTP

File Transfer Protocol. Protokol standar untuk kegiatan lalu-lintas file (upload maupun download) antara dua komputer yang terhubung dengan jaringan internet. Sebagian sistem FTP mensyaratkan untuk diakses hanya oleh mereka yang memiliki hak untuk itu dengan mengguinakan login tertentu. Sebagian lagi dapat diakses oleh publik secara anonim. Situs FTP semacam ini disebut Anonymous FTP.

  1.    Network

Network adalah sekumpulan dua atau lebih sistem komputer yang digandeng dan membentuk sebuah jaringan. Internet sebenarnya adalah sebuah network dengan skala yang sangat besar.

  1.    GPS

Global Positioning System adalah sistem navigasi menggunakan 24 satelit MEO (medium earth orbit atau middle earth orbit) yang mengelilingi bumi dan penerima-penerima di bumi.

  1.    GPRS

General Packet Radio Service. Salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel).  Dibandingkan dengan protokol WAP, GPRS memiliki kelebihan dalam kecepatannya yang dapat  mencapai 115 kbps dan adanya dukungan aplikasi yang lebih luas, termasuk aplikasi grafis dan  multimedia

  1.    Leased Line

Saluran telepon atau kabel fiber optik yang disewa untuk penggunaan selama 24 jam sehari untuk menghubungkan satu lokasi ke lokasi lainnya. Internet berkecepatan tinggi biasanya menggunakan saluran ini.

       10. SDSL

Symmetric Digital Subscriber Line. Salah satu tipe DSL yang memungkinkan transfer data untuk upstream maupun downstream berjalan pada kecepatan yang sama.  SDSL umumnya berkerja pada kecepatan 384 kbps (kilobit per detik).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *