Program Bash Script

!/bin/bash
‘#!’ sering disebut ‘shebang’ operator, tanda tersebut menandakan bahwa file tersebut adalah shell script. Dan /bin/bash’ adalah lokasi file binari atau program shell yang digunakan,

Selanjutnya pada blok ini akan menampilkan menu dengan 3 pilihan, dimana echo digunakan untuk menampilkan suatu tulisan, dan read –p akan melakukan eksekusi dari 3 pilihan menu
diatasnya.

#Inputan
if [ $pil -eq 1 ];
then
echo “Masukan Nama = “;
read nama
echo “Masukan Kelas = “;
read kelas
echo “Masukan NPM = “;
read npm
Pilihan 1 yaitu akan menampilkan Output nama,kelas dan npm. Karna setelah echo dibuat statement read maka saat menginputan ketiga data tersebut maka program akan langsung mengeksekusi dan menampilkan output yang telah dibuat.

#Tampilan Inputan
echo “— Data Diri Anda –”
echo “Nama = $nama”
echo “Kelas = $kelas”
echo “NPM = $npm”
Masih pada Case1 Statement diatas merupakan output dari program yang akan menampilkan Data Diri, $ adalah variable yang digunakan untu memanggil statement.

#Mencari Luas Segitiga
elif [ $pil -eq 2 ];
then
echo “Masukan Alas = “;
read alas
echo “Masukan Tinggi = “;
read tinggi
let hasil=$alas*$tinggi/2;
Case 2 ini akan melakukan penghitungan luas segitiga, pada script diatas variable let akan mengambil statement dari variable $alat*$tinggi/2 maka akan menghasilkan keluaran dari perhitungan tersebut.

#Tampilan Luas Seigitga
echo “—-LUAS SEGITIGA—-”
echo “Luas Segitiga = $hasil”
Pada script ini merupakan lanjutan dari script diatas, nantinya script ini hanya akan mengampikkan output/hasil dari perhitungan luas segitiga.

elif [ $pil -eq 3 ];
then
exit 0
else
echo “Maaf, Tidak ada dalam Pilihan”
exit 1
Case 3 muncul jika memilih angka 0 atau exit dan, menu yang dipilih tidak tersedia pada kolom menu, maka otomatis program akan melakukan close.

Hasil dari program diatas adalah

Bash1

Bash2

Bash3

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.