Program Method,Class & Objek di Java

import java.util.Scanner;
Pemahaman diatas adalah pengambilan class dalam java library, dimana class tersebut digunakan untuk mengambil inputan dari user

class metkon{
metkon adalah yang nama dibuat pada program java, pada saat kita ingin menyimpan program java harus disimpan dengan nama classnya, yang nantinya saat ekesekusi/pemanggilan program yang dipanggil adalah metkon

Scanner input = new Scanner(System.in);
double hasil;

Membuat Scanner baru dan input adalah nama scanner yang akan dibuat, untuk nama input ini sifatnya optional, dan System.in ini berguna untuk melakukan pembacaan jika ada inputan yang masuk dari keyboard. Dan double hasil yang nantinya akan digunakan oleh semua method yang ada untuk mendapatkan variable nilai berupa double.

metkon() {
}

metkon adalah nama konstruktor yang dibuat, jadi konstruktor metkon akan dipanggil secara otomatis ketika objek dari class dibuat.

void trapesium(){
System.out.print(“Jumlah Sisi Sejajar : “);
int sisi = input.nextInt();
System.out.print(“Masukan Tinggi : “);
int tinggi = input.nextInt();
hasil = (sisi*tinggi) /2;
System.out.println (“Hasilnya adalah : ” +sisi+ ” * ” +tinggi+ ” = “+hasil);
}

Void trapesium adalah nama method yang digunakan pada method ini tidak mengembalikan nilai, dan pada line dibawahnya berisi rumus-rumus yang digunakan pada perhitungan trapesium ini .

double lingkaran (int jari) {
hasil= (jari*jari) * 3.14;
return hasil;
}

Method selanjutnya yaitu method lingkaran yang tidak mengembalikan nilai pada method ini akan memanggil double luas dimana variable ini yang digunakan pada semua method yang ada. Dan untuk rumus yang digunakan berada pada method dibawahnya .

void perulangan (int r){
int p;
for ( p = 1; p <= r; p++) if (p % 2 == 1) System.out.println(p+ "Adalah Bilangan Ganjil"); else System.out.println(p+ "Adalah Bilangan Genap"); }

Method yang ketiga yaitu perulangan, pada method ini menggunakan perulangan for yang akan membedakan mana bilangan ganjil dan mana bilangan bulat, dengan argument if & else, pada Case3 ini statement yang diinput adalah r dimana hasilnya/output adalah p, p memiliki nilai 1 jika p modulus (%) 2 == 1, maka jika bilangannya Genap akan menghasilkan output “Adalah Bilangan Genap” dan jika bilangannya Ganjil maka akan menghasilkan output “Adalah Bilangan Ganjil”

public static void main(String [] args){

Kondisi diatas memiliki fungsi Main dimana metode-metode dapat dipanggil didalam dan diluar kelas, Static sendiri berarti sama untuk seluruh instant dari kelas dan Void sendiri berarti bahwa metode tidak akan mengirim apapun setelah selesai, fungsi Main ini berisi argument yang diambil dari ruang eksekusi.

Scanner input = new Scanner(System.in);
nyobain materi = new nyobain();
System.out.print(“==========MENU=========n”+
“1. Luas Trapesiumn”+
“2. Luas Lingkarann”+
“3. Perulangann”+
“4. Exitn”+
“Masukan Pilihan : “);
int pil = input.nextInt();
switch (pil){

System.out.Print akan menampilkan output yang dibuat, pada Output line pertama hanya menampilkan title “MENU” dan garis sama dengan panjang (=),pada Output kedua hingga kelima akan menampilkan baris inputan yang dituju, dan Output terakhir akan menampilkan Masukan Pilihan Menu yang diinginkan dengan memilih masing-masing nomor Menu. Pada statement ini nama dari int adalah “pil” dan Statement ini nantinya kan menyambung ke statement switch yang dimana keduanya akan saling terhubung satu sama lain, jika tidak ada satu maka switch menu tidak akan berjalan, statement switch digunakan untuk melakukan pengambilan keputusan, jadi switch (pil) akan melakukan pengambilan keputusan pada alternative yang disediakan oleh pilihan,

case 1 :
materi.trapesium();
break;

Case 1 ini hanya menampilkan method, karna pada sebelumnya telah dibuat method yang ada sehingga saat akan melakulan pemanggilan case 1, maka case 1 akan mengambil inputan method yang dibuatnya

case 2 :
System.out.print(“Jumlah Sisi Sejajar : “);
int jari = input.nextInt();
System.out.println( “Luasnya adalah : ” +3.14+ ” * ” +jari+ ” * ” +jari+ ” = “+materi.lingkaran(jari));
break;

case 2 ini adalah method kedua yang tidak mengembalikan nilai dimana method ini memanggil method lingkaran

case 3 :
System.out.print(“Masukan Angka : “);
int r = input.nextInt();
materi.perulangan(r);
break;

Di case 3 ini akan memanggil method perulangan, pada case 3 ini hanya menampilkan statement inputan, pada rumusnya telah tersedia pada method yang dibuat sehingga case 3 ini hanya cukup memanggil method yang tersedia atau dituju

case 4 :
System.exit(0);

Case 4 ini akan membuat keluar dari program, karna statement nya yaitu exit.

default :
System.out.println(“Pilihan tidak ada, Silahkan ulangi kembali”);

Jika pada saaat melakukan pemilihan menu, tetapi dimenu tidak ada pilihan yang dituju, maka akan mengeluarkan statemenet “Pilihan tidak ada, Silahkan ulangi kembali”

Dan berikut adalah hasil dari program yang dibuat

Method

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.