Program Perulangan pada Ruby

Pada postingan kali ini saya akan sedikit membahas tentang salah satu case perulangan di python untuk contoh kodingannya langsung simak aja dibawah ini yaa

Blok sintaks ini merupakan suatu fungsi untuk mencetak bentuk segitiga siku – siku, dimana fungsi tersebut mempunyai satu argumen yang mana argumen tersebut adalah variabel yang berisi nilai inputan yang diinputkan oleh user. Variabel awal diberi nilai 1, kemudian masuk kedalam perulangan yang pertama. Dimana perulangan tersebut memiliki range(batasan) yaitu dari 1 sampai nilai variabel yang diinputkan oleh user. selanjutnya masuk ke dalam perulangan kedua dimana batas dari perulangan tersebut dimulai dari 1 sampai nilai dari perulangan for yang pertama. Kemudian perulangan kedua akan menjalankan statement yang berada didalamnya, jika sudah maka dilanjutkan dengan menjalankan statement yang ada di dalam perulangan yang pertama yaitu mencetak spasi kosong kebawah dan program akan terus melakukan looping sampai batas dari kedua perulangan tersebut selesai.

Blok sintaks ini merupakan suatu fungsi untuk mencetak bentuk persegi, dimana fungsi tersebut mempunyai satu argumen yang mana argumen tersebut adalah variabel yang berisi nilai inputan yang diinputkan oleh user. Variabel awal diberi nilai 1, kemudian masuk kedalam perulangan yang pertama. Dimana perulangan tersebut memiliki range(batasan) yaitu dari 1 sampai nilai variabel yang diinputkan oleh user. selanjutnya masuk ke dalam perulangan kedua dimana batas dari perulangan tersebut dimulai dari 1 sampai nilai variabel yang diinputkan oleh user juga. Kemudian perulangan kedua akan menjalankan statement yang berada didalamnya, jika sudah maka dilanjutkan dengan menjalankan statement yang ada di dalam perulangan yang pertama yaitu mencetak spasi kosong kebawah dan program akan terus melakukan looping sampai batas dari kedua perulangan tersebut selesai.

Blok sintaks ini merupakan suatu fungsi untuk mencetak bentuk segitiga sama kaki, dimana fungsi tersebut mempunyai satu argumen yang mana argumen tersebut adalah variabel yang berisi nilai inputan yang diinputkan oleh user. Untuk membuat program ini kita perlu menggunakan perulangan while untuk membatasi niai selama nilai yang kita input itu benar,dan statemen temp diatas digunakan untuk menampung nilai sementara ketika kita melakukan input data. statement diatas menjelaskan bahwa untuk mencetak segitiga tersebut kita perlu menggunakan perulangan while yang mana apabila nilai yang terdapat pada variabel i selalu kurang dari nilai yang terdapat pada vaariabel k maka nilai bernilai benar atau akan terus terjadi looping jika tidak maka looping berhenti,setelah kondisi terpenuhi maka program akan mencetak tanda * dan nilai dari k selalu bertambah 1 selanjutnya nilai yang disimpan menggunakan temp ketika nilai yang kita input pada variabel x akan selalu dikurang dengan nilai yang ada pada variabel i dan variabel I akan selalu bertambah 1 juga,dan akan mencetak spasi kosong kebawah.

Blok sintaks ini merupakan suatu fungsi untuk mencetak bentuk persegi panjang, dimana fungsi tersebut mempunyai dua argumen yang mana argument – arugumen tersebut adalah variabel yang berisi nilai inputan yang diinputkan oleh user. Variabel awal diberi nilai 1, kemudian masuk kedalam perulangan yang pertama. Dimana perulangan tersebut memiliki range(batasan) yaitu dari 1 sampai nilai variabel panjang yang diinputkan oleh user. selanjutnya masuk ke dalam perulangan kedua dimana batas dari perulangan tersebut dimulai dari 1 sampai nilai variabel lebar yang diinputkan oleh user. Kemudian perulangan kedua akan menjalankan statement yang berada didalamnya, jika sudah maka dilanjutkan dengan menjalankan statement yang ada di dalam perulangan yang pertama yaitu mencetak spasi kosong kebawah dan program akan terus melakukan looping sampai batas dari kedua perulangan tersebut selesai.

Kumpulan sintaks ini merupakan suatu fungsi, dimana ketika fungsi tersebut dipanggil maka fungsi tersebut akan menampilkan menu utama dari program ini yaitu pilihan bentuk bangun ruang. Kemudian user dapat menginputkan suatu pilihan dalam program yang mana nilai inputan tersebut akan disimpan ke dalam suatu variabel local.

Selanjutnya, jika nilai variabel yang telah di inputkan user adalah 1, maka program akan menjalankan sintaks yang berada pada case 1. Dimana user diminta untuk menginputkan angka yang akan dijadikan nilai argumen dari fungsi siku yang telah dideklarisikan sebelumnya, kemudian fungsi tersebut akan dipanggil dengan mengirimkan nilai yang ada didalam fungsi itu sendiri.

Jika nilai variabel yang telah di inputkan user adalah 2, maka program akan menjalankan sintaks yang berada pada case 2. Dimana user diminta untuk menginputkan angka yang akan dijadikan nilai argumen dari fungsi persegi yang telah dideklarisikan sebelumnya, kemudian fungsi tersebut akan dipanggil dengan mengirimkan nilai yang ada didalam fungsi itu sendiri.

Jika nilai variabel yang telah di inputkan user adalah 3, maka program akan menjalankan sintaks yang berada pada case 3. Dimana user diminta untuk menginputkan suatu angka yang akan dijadikan nilai argumen dari fungsi segitiga_sama_kaki yang telah dideklarisikan sebelumnya, kemudian fungsi tersebut akan dipanggil dengan mengirimkan nilai yang ada didalam fungsi itu sendiri.

Jika nilai variabel yang telah di inputkan user adalah 4, maka program akan menjalankan sintaks yang berada pada case 4. Dimana user diminta untuk menginputkan beberapa inputan yaitu menginputkan nilai dari variabel panjang dan nilai dari variabel lebar yang akan dijadikan nilai argumen dari fungsi persegi_panjang yang telah dideklarisikan sebelumnya, kemudian fungsi tersebut akan dipanggil dengan mengirimkan nilai yang ada di dalam fungsi itu sendiri. Selanjutnya jika pilihan yang diinputkan oleh user selain dari 1 – 4 maka akan muncul suatu tampilan bahwa pilihan yang dimasukkan oleh user adalah salah.

Kumpulan sintaks ini berfungsi untuk melakukan perulangan menu utama pada program, variabel “ulang” terlebih dahulu diberi nilai “yes” kemudian masuk kedalam pengecekan kondisi while. Jika kondisi bernilai True maka fungsi menu_utama akan dipanggil dan akan menampilkan menu utama program. Kemudian setelah menu utama selesai dijalankan, while akan menjalankan statement keduanya yaitu menanyakan kepada user apakah ingin mengulang menu utama pada program, kemudian user diminta untuk menginputkan pilihannya. Jika user menginputkan nilai string “yes” , maka nilai tersebut akan disimpan pada variabel ulang dan program akan memanggil kembali fungsi dari menu utama.

Dan jika nilai variabel ulang yang diinputkan oleh user “no”, maka program akan menampilakan cetakan berupa “Thank you, and see you again!!” lalu keluar dari program. Jika nilai variabel ulang yang diinputkan selain dari “yes” dan “no” , maka akan tampil suatu cetakan berupa eror message yaitu “Eror program !!, your choice is FALSE” dilajutkan dengan berakhirnya program.

Nah untuk hasil dari output program diatas akan seperti pada gambar berikut :

Output perulangan Ruby

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.