Program Array di Java

Nah kembali lagi di materi java yaitu Array, kali ini saya coba share array ini

Import java.util.Scanner
program ini digunakan sebagai awalan yang akan diberikan pada program yang akan meminta user untuk memasukkan input.

import java.io.*
merupakan fungsi dalam java untuk memasukkan inputan dari keyboard.

class array{
Perintah di atas berguna untuk memberikan nama class yang diinginkan dan untuk nama class harus sama dengan nama file java sehingga method main dapat berjalan dengan baik.

public static void main(String [] args){
Merupakan method pada class public yang dipanggil pertama kali oleh JVM (Java Virtual Machine) pada saat program di jalankan dan semua program yang akan dijalankan harus menggunakan method main. Dan throws IOException berfungsi untuk meminimalisasikan kesalahan dalam suatu program yang dibuat.

String nama [] = new String[100];
String kelas [] = new String[100];
Scanner input = new Scanner(System.in);
BufferedReader input2 = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
System.out.print(“Masukkan Angka : “);
String angka = input2.readLine();
int angka2 = Integer.parseInt(angka);

Perintah di atas berfungsi pada fungsi input yang digunakan agar dapat menginput data yang diperlukan dalam suatu program. Perintah di atas juga berfungsi untuk menginput String baru dengan variabel “Nama” dan “Kelas”. Dan juga menginputkan Scanner yang baru dengan variable Scanner sesuai dengan yang kita inginkan. Sedangkan BufferedReader input = new BufferedReader ( new InputStreamReader (System.in)); fungsinya sebagai syntax untuk memasukan inputan dari keyboard. BufferedReader input = new BufferedReader ( new InputStreamReader (System.in)); ini termasuk ke dalam index import java.io.*;. System.out.print(“Masukkan Angka : “); menghasilkan cetakan berupa “Masukkan Angka : “. Integer.parseInt (input.readLine()); berfungsi untuk mengkonversikan suatu inputan string yang kita masukkan dari keyboard menjadi integer.

for (int i = 1; i<=angka2 ; i++){ System.out.print("Masukkan Nama Ke-"+i+" : "); nama[i] = input.nextLine(); System.out.print("Masukkan Kelas Ke-"+i+" : "); kelas[i] = input.nextLine(); }

Perintah di atas digunakan untuk memberikan perintah untuk melakukan pencetakan dan perulangan(looping). Masukkan nilai inputan pada i sesuai dengan keinginan sendiri. Kemudian nilai tersebut akan mengalami perulangan (looping) ketika nilai inputan dimasukkan. Lalu nilai i tersebut akan mengaami perulangan dengan menambahkan 1 dari setiap perulangan yang dilakukan terhadap nilai i yang teah di inputkan.. Jika selama perulangan kondisi masih tetap memenuhi syarat atau True, maka perulangan akan terus dilakukan. Dan jika kondisi sudah tidak memenuhi syarat atau False maka perulangan(looping) akan dihentikan.

System.out.println(“nn”);
for (int j = 1 ; j<=angka2 ; j++){ System.out.println("Nama : "+nama[j]); System.out.println("Kelas : "+kelas[j]); } } }

Perintah di atas digunakan untuk memberikan perintah pada program untuk melakukan pencetakan dan perulangan(looping) kembali. Dimana perulangan(looping) kedua ini akan terjadi ketika perulangan(looping) pertama telah selesai atau sudah tidak memenuhi syarat. perulangan(looping) ini dieksekusi sesuai dengan nilai inputan yang sudah dimasukkan. Ketika nilai j kurang sama dengan nilai inputan yang telah dimasukkkan maka perulangan(looping) akan terus dilakukan. Dan saat kondisi sudah tidak terpenuhi syaratnya perulangan(looping) pun akan dihentikan.

Dan inilah hasil dari kodingannya

array

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.