Program Perulangan di Java

Kembali lagi di materi java kali ini saya akan memposting materi mengenai perulangan pada java, di java ini cukup banyak dasar-dasar yang perlu dipelajari untuk lebih jelasnya cermati program dibawah in

Import java.util.scanner
program ini digunakan sebagai awalan yang akan diberikan pada program yang akan meminta user untuk memasukkan input.

class Perulangan{
Perintah di atas berguna untuk memberikan nama class yang diinginkan dan untuk nama class harus sama dengan nama file java sehingga method main dapat berjalan dengan baik.

public static void main(String [] args){
Merupakan method pada class public yang dipanggil pertama kali oleh JVM (Java Virtual Machine) pada saat program di jalankan dan semua program yang akan dijalankan harus menggunakan method main.

Scanner rangga = new Scanner(System.in);
System.out.println(“nAssalamu’alaikum, Welcome to my Program” + “nnPlease specify your choice”);
System.out.println(“nn=======================”);
System.out.println(“=========MENU==========”);
System.out.println(“==== 1. Program 1 =====”);
System.out.println(“==== 2. Program 2 =====”);
System.out.println(“==== 3. Program 3 =====”);
System.out.println(“==== 4. Program 4 =====”);
System.out.print(“Enter your choice : “);
int pilihan = mansawi.nextInt();

Perintah di atas berfungsi pada fungsi input yang digunakan agar dapat menginput data yang diperlukan dalam suatu program. Perintah di atas juga berfungsi untuk menghasilkan cetakan yang berupa tampilan dari Assalamu’alaikum, Welcome to my Program Please specify your choice dan juga menghasilkan cetakan berupa “Menu, Program 1, Program 2, Program 3, Program 4” serta menampilkan cetakan “Enter your choice”. Lalu pada perintah selanjutnya digunakan untuk memberikan inputan pada baris “Enter your choice”.

switch (pilihan) {
case 1:
System.out.print (“Enter your value = “);
int o;
for (o= rangga.nextInt(); o>0; o–){
System.out.println(“Nilai a : ” +o);}
break;

Perintah di atas berfungsi untuk multi arah dengan memilih case yang ingin ditunjuk, pada case 1 akan menghasilkan cetakan untuk melakukan perulangan(looping) dengan tampilan angka terbalik pada Nilai a. Karena terdapat iterasi o– dimana iterasi tersebut menyatakan bahwa nilai yang di inputkan akan terus dikurangi 1 selama kondisi masih memenuhi syarat atau True. Kemudian menginput nilai dari a yang selanjutnya hasil tersebut akan dicetak pada tampilan Nilai a. Selanjutnya perintah break berguna untuk keluar dari blok program dan melanjutkan statement yang berada di luar blok.

case 2:
System.out.print (“Enter your value = “);
int a = rangga.nextInt();
int p;
for (p=1; p<=a; p++) if (p % 2 ==0 ){ System.out.println(p+ " is 'bilangan genap' ");} else{ System.out.println(p+ " is 'bilangan ganjil' ");} break;

Perintah di atas digunakan untuk memberikan perintah pada case 2 dan menghasilkan cetakan untuk melakukan perulangan(looping) pada p. Pada perulangan ini akan digunakan percabangan IF-Else yang kemudian akan diproses. Lalu masukkan nilai p dengan inputan sendiri. Kemudian nilai p yang di input akan melakukan perulangan, apabila nilai p dibagi dengan 2 dan sisanya 0 maka nilai p akan dicetak sebagai Bilangan genap. Dan jika nilai p yang di masukkan dibagi dengan 2 dan sisanya bukan 0 maka nilai p akan dicetak sebagai Bilangan ganjil. Proses perulangan ini akan terus berlangsung selama kondisi memenuhi syarat atau True. Selanjutnya perintah break berguna untuk keluar dari blok program dan melanjutkan statement yang berada di luar blok.

case 3:
System.out.print (“Enter your value = “);
int v = rangga.nextInt();
int i;
int nilai = -1;
for (i=0; i<=v; i++){ System.out.println(nilai); nilai=nilai* (-2);} break;

Perintah di atas digunakan untuk memberikan perintah pada case 3 dan menghasilkan cetakan untuk melakukan perulangan(looping). Masukkan nilai inputan pada v sesuai dengan keinginan sendiri. Kemudian nilai tersebut akan mengalami perulangan(looping) ketika nilai inputan dimasukkan. Lalu nilai tersebut akan dikalikan dengan -2 jika selama perulangan kondisi masih tetap memenuhi syarat atau True. Jika kondisi sudah tidak memenuhi syarat atau False maka perulangan(looping) akan dihentikan. Kemudian break berguna untuk keluar dari blok program dan melanjutkan statement yang berada di luar blok.

case 4:
System.out.print (“Enter your value = “);
int j;
int h;
for (j=rangga.nextInt(); j>0; j–){
for (h=1; h<=j; h++){ System.out.print("*");} System.out.println();} break; } } }

Perintah di atas digunakan untuk memberikan perintah pada case 4 dan menghasilkan cetakan untuk melakukan perulangan(looping) bersarang. Masukkan nilai inputan pada j sesuai dengan keinginan sendiri. Kemudian nilai tersebut akan mengalami perulangan(looping) ketika nilai inputan dimasukkan. Lalu nilai j tersebut akan mengaami perulangan dengan mengurangi 1 dari setiap perulangan yang dilakukan terhadap nilai j yang teah di inputkan. Lalu prulangan tersebut akan di cetak dengan menampilkan simbol * dengan tampilan mendatar. Kemudian terjadi perulangan kembali pada h dimana nilai h kurang dari sama dengan nilai j yang telah di inputkan. Selanjutnya perulangan akan dicetak dengan tampilan menurun dengan mengurangi 1 simbol * pada setiap perulangannya. Jika selama perulangan kondisi masih tetap memenuhi syarat atau True, maka perulangan akan terus dilakukan. Dan jika kondisi sudah tidak memenuhi syarat atau False maka perulangan(looping) akan dihentikan. Kemudian break berguna untuk keluar dari blok program dan melanjutkan statement yang berada di luar blok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.