Pemrograman Fungsi pada Python

Udah pada tau belum fungsi pada python itu apa? sama sih kaya jenis pemrograman lainnya yaitu …

def faktorial(a) :
hasil = 1
for a in range (a,1,-1) :
hasil = hasil * a
return hasil

Pada sintaks ini akan dilakukan proses perhitungan faktorial pada suatu bilangan yang diinputkan. Suatu angka yang telah diinputkan akan mengalami suatu pengulangan(looping) sampai mencapai batas akhir yaitu 1 dengan pengurangan 1 setiap perulangannya. Kemudian hasil yang didapat akan menjadi nilai balik fungsi yang akan dipanggil pada menu utama.

def permutasi(sx,tx) :
hasil = 1
tx = sx – tx
for z in range (sx,tx, -1) :
hasil = hasil * z
return hasil

Pada sintaks ini akan dilakukan proses perhitungan permutasi pada bilangan yang diinputkan. Awalnya inputkan bilangan pertama yang merupakan banyaknya unsur yang tersedia. Kemudian inputkan bilangan kedua yang menjadi banyaknya unsur yang dipilih. Selanjutnya lakukan perulangan dengan menjadikan unsur yang pertama sebagai baatas nilai awal, dan unsur yang kedua sebagai batas nilai akhirnya. Pengulangan dilakukan dengan mengurangi 1 pada unsur pertama sampai mencapai batas akhirnya. Kemudian hasil yang didapat akan menjadi nilai balik fungsi yang akan dipanggil pada menu utama.

def kombinasi(bk,ck) :
hasil1 = 1
hasil2 = 1
for p in range(bk,ck,-1) :
hasil1 = hasil1 * p
for q in range(bk-ck,1,-1) :
hasil2 = hasil2 * q
hasil = hasil1/(hasil2)
return hasil

blok sintaks ini bertugas untuk melakukan perhitungan kombinasi pada bilangan – bilangan yang diinputkan. Nilai awal 1 diberikan pada 2 variabel hasil. Kemudian program akan melakukan 2 kali pengulangan. Pengulangan yang pertama dilakukan dengan angka pertama yang diinputkan sebagai batas awalnya dan angka yang diinputkan kedua sebagai batas akhir, untuk mencapai batas akhir setiap pengulagan angka pertama dikurangi 1 sampai mencapai batas akhirnya. Pengulangan kedua dilakukan dengan pengurangan angka pertama dengan angka kedua dijadikan sebagai batas nilai awal, dan 1 sebagai batas akhir nilai perulangan. Setiap perulangan batas awal akan dikurangi 1 sampai mencapai batas akhir yang diitentukan yaitu 1, kemudian setelah melakukan 2 perulangan maka akan didapat 2 hasil yang mana hasil1 akan dibagi dengan hasil2. Hasil tersebut akan dijadikan nilai balik yang akan dilempar kepada menu utama.

def turunan(k,v,p) :
if v==” :
k=0
p=0
h=(“0″)
else :
k = k*p
p = p-1
h = k,v,”^”,p
return h

Pada blok sintaks ini akan dilakukan perhitungan untuk mencari differensial atau turunan dari suatu bilangan yang telah diinputkan. Pada sintaks ini akan dilakukan juga percabangan if else, jika variabel huruf yang diinputkan tidak ada maka nilai dari konstanta dan pangkatnya menjadi 0 kemudian cetak angka 0, jika tidak maka konstanta yang diinputkan dikalikan dengan pangkatnya lalu kurangi pangkat yang diinputkan dengan satu. Hasil yang didapat akan menjadi nilai balik yang akan dilempar atau dipanggil pada menu utama.

from rumus import *
print (“n*******M E N U********”)
print (“=====1. FAKTORIAL=====”)
print (“=====2. PERMUTASI=====”)
print (“=====3. KOMBINASI=====”)
print (“=====4. TURUNAN =====”)
print (“**********************n”)
pil = int(input(“Masukkan Pilihan anda : “))

blok sintaks ini akan mencetak tampilan berupa suatu menu yang terdapat berbagai pilihan didalamnya. Kemudian user dapat menginputkan pilihan tersebut sesuai dengan pilihan yang terdapat pada menu.

if pil == 1 :
a = int(input(“Masukkan Angka : “))
print(“Hasil Faktorial dari”, a, “adalah :”,faktorial(a))

pada perintah ini jika pilihan yang diinputkan oleh user adalah 1, maka akan tampil cetakan berupa tampilan yang akan meminta user untuk menginputkan suatu angka. Jika sudah dinputkan maka program akan mencetak tampilan dan memanggil fungsi factorial yang telah mengirimkan nilai balik. Program akan mencetak nilai balik tersebut.

elif pil == 2 :
print(“Banyak permutasi di s yang diambil dari t yang tersedia”)
sx = int(input(“Masukkan Angka di s : “))
tx = int(input(“Masukkan Angka di t : “))
print(“Permutasinya yaitu”,permutasi(sx,tx))

pada perintah ini jika pilihan yang diinputkan oleh user adalah 2, maka akan tampil cetakan berupa tampilan yang akan meminta user untuk menginputkan 2 inputan. Jika sudah dinputkan maka program akan mencetak tampilan dan memanggil fungsi permutasi yang telah mengirimkan nilai balik. Program akan mencetak nilai balik tersebut.

elif pil == 3 :
print(“Banyak kombinasi di b yang diambil dari k yang tersedia”)
bk = int(input(“Masukkan Angka di s : “))
ck = int(input(“Masukkan Angka di t : “))
print(“Permutasinya yaitu”,kombinasi(bk,ck))

pada perintah ini jikapilihan yang diinputkan oleh user adalah 2, maka akan tampil cetakan berupa tampilan yang akan meminta user untuk menginputkan 2 inputan. Jika sudah dinputkan maka program akan mencetak tampilan dan memanggil fungsi kombinasi yang telah mengirimkan nilai balik. Program akan mencetak nilai balik tersebut.

elif pil == 4 :
k = int(input(“Masukkan Konstanta : “))
v = input(“Masukkan Variabel : “)
p = int(input(“Masukkan Pangkat : “))

pada perintah ini jikapilihan yang diinputkan oleh user adalah 4, maka akan tampil cetakan berupa tampilan yang akan meminta user untuk menginputkan beberapa inputan. Jika sudah dinputkan maka program akan mencetak tampilan dan memanggil fungsi turunan yang telah mengirimkan nilai balik. Program akan mencetak nilai balik tersebut.

print(“Hasil turunannya adalah :”,turunan(k,v,p))
else :
print(“Angka yang anda masukkan salah”)

pada perintah ini jikapilihan yang diinputkan oleh user adalah salah atau tidak ada didalam pilihan maka akan tampil cetakan berupa tampilan yang menunjukkan inputan yang dimasukkan adalah salah.

Berikut ini hasil dari output program yang dibuat

output fungsi python

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.