Program Perulangan pada Python

Nah memasuki semester 2 ada pemrograman baru yang saya dapati, berhubung baru belajar ada sedikit ilmu yang saya share seenggaknya cukup lah membantu buat kalian nih yang baru pada belajar pemrograman python juga, khususnya perulangan pada python yang ada dimateri Perulangan pada Pemrograman Python nah ini contoh dari pemrograman tersebut.

x = int(input(‘angka terkecil  : ‘))

y = int(input(‘angka terbesar : ‘))

Blok ini berfungsi untuk menginputkan bilangan terkecil dan bilangan terbesar pada program.

for i in range (y, x, -1) :

    for j in range (2, i) :

        if(i%j==0) :

            break

Pada blok sintaks ini akan dilakukan perulangan pada program, dimana pada perulangan yang pertama atau perulangan i memakai 3 argumen. Jarak atau nilai awal yang dipakai adalah nilai terbesar yang sudah dinputkan sebelumnya, kemudian jarak akhir yang digunakan adalah nilai terkecil yang telah diinputkan. Juga terdapat -1 yang mana berguna untuk mengurangi bilangan pada “y” hingga mencapai kondisi di “i”. Program akan terus mengalami perulangan sampai kondisi yang sudah ditentukan terpenuhi.

    else :

        print(i, ‘adalah bilangn prima’)

blok statemen ini berfungsi jika perulanga pada program keluar dari kondisi yang telah ditentukan program yaitu (i%j!=) atau i modulus j tidak sama dengan 0, maka program akan mencetak nilai pada i

Berikut adalah hasil dari output program yang dibuat

output perulangan python

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.