Program Transpose pada Java

Listing ini digunakan sebagai fungsi dalam java untuk memasukkan inputan dari keyboard

Listing di atas berguna untuk memasukkan fungsi BufferReader dan mendeklarasikan nama class yang telah ditentukan, untuk nama class harus sama dengan nama file java sehingga method main dapat berjalan dengan baik ketika di compile. Selanjutnya pendeklarasian variabel m sebagai variabel yang menampung nilai baris dan variabel n sebagai variabel yang menampung nilai kolom dari Matriks A. serta mendeklarasikan variabel matrika sebagai variabel yang bertipe array 2 dimensi. Lisiting ini juga berfungsi untuk menginputkan banyaknya jumlah baris dan kolom sesuai dengan keinginan user.

Listing tersebut berguna untuk menginputkan nilai dari banyaknya kolom dan baris yang telah diinputkan. Dimana akan dilakukan perulangan bersarang menggunakan for, dimana pada perulangan for yang pertama nilai awal variabel i = 0, jika kondisi i lebih kecil dari variabel inputan m (baris Matriks), maka for yang pertama akan menjalankan statement yang berada dibawahnya, yaitu menjalankan for yang kedua dengan nilai awal variabel j = 0, jika kondisi j lebih kecil dari variabel inputan n (kolom Matriks), maka for j akan menjalankan statement yang berada dibawahnya yaitu menginputkan nilai dari baris dan kolom matriks A. mencetak Selanjutnya nilai i dan j akan bertambah 1. Perulangan bersarang tersebut tersebut akan terus menjalankan statementnya hingga kondisi yang diberikan bernilai False.

Blok sintaks di atas berfungsi untuk mencetak nilai – nilai yang telah diinputkan pada Matriks A. Dimana akan dilakukan perulangan bersarang menggunakan for, , dimana pada perulangan for yang pertama nilai awal variabel i = 0, jika kondisi i lebih kecil dari variabel inputan m (baris Matriks), maka for yang pertama akan menjalankan statement yang berada dibawahnya, yaitu mencetak ”| ” lalu menjalankan for yang kedua dengan nilai awal variabel j = 0, jika kondisi j lebih kecil dari variabel inputan n (kolom Matriks), maka for j akan menjalankan statement yang berada dibawahnya yaitu menampilkan hasil penginputan nilai dari baris dan kolom dalam bentuk matriks A. Setelah For j selesai menjalankan statement yang berada dibawahnya maka for i akan menjalankan statementnya kembali yaitu dengan mencetak ”| ” ke bawah. Selanjutnya nilai i dan j akan bertambah 1. Perulangan bersarang tersebut tersebut akan terus menjalankan statementnya hingga kondisi yang diberikan bernilai False. Setelah kondisi bernilai False maka program akan mencetak spasi ke bawah.

Listing di atas berfungsi untuk mencetak Transpose dari Matriks A. Dimana untuk mencetaknya akan dilakukan perulangan bersarang menggunakan for, , dimana pada perulangan for yang pertama nilai awal variabel j = 0, jika kondisi j lebih kecil dari variabel inputan n (kolom Matriks), maka for yang pertama akan menjalankan statement yang berada dibawahnya, yaitu mencetak ”| ” lalu menjalankan for yang kedua dengan nilai awal variabel i = 0, jika kondisi i lebih kecil dari variabel inputan m (baris Matriks), maka for i akan menjalankan statement yang berada dibawahnya yaitu menampilkan hasil Transpose dari Matriks A dengan mengubah baris menjadi kolom dan mengubah kolom menjadi baris. Setelah For i selesai menjalankan statement yang berada dibawahnya maka for j akan menjalankan statementnya kembali yaitu dengan mencetak ”| ” ke bawah. Selanjutnya nilai i dan j akan bertambah 1. Perulangan bersarang tersebut tersebut akan terus menjalankan statementnya hingga kondisi yang diberikan bernilai False. Setelah kondisi bernilai False maka program akan mencetak spasi ke bawah.

Nah berikut ini tampilan dari hasil output program diatas :
Output Transpose Matif

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.